Select Page

Perkebunan Teh Gambung Lokasinya berada di lereng Gunung Tilu, dan terletak diantara dua wilayah perkebunan teh Jawa Barat Malabar dan Patuha, Perkebunan Teh Gambung juga dikelola untuk dijadikan tujuan agro-wisata ilmiah. Salah satunya adalah dengan adanya wisata Ngebekong.


Ngabekong adalah istilah dari bahasa sunda yang artinya menyimpan tanaman-tanaman muda sebelum ditanamkan ke ladang. Yang menyusun atraksi wisata semacam ini adalah Rumah Pintar Satoe dan Pusat Penelitian Teh serta Kina Gambung (The Research Institute for Tea and Cinchona) yang akan mengajak anak-anak untuk menelusuri bagaimana prosesi bercocok tanam teh secara khusus dan lebih mendetil.

Melalui program ini anak-anak akan mengenal bagaimana sebuah sayuran yang biasanya mereka konsumsi itu dapat tumbuh dan berkembang. Dimulai dengan benih, lalu ditanam di ladang, dipetik, sampai pada sebuah simulasi jual-beli antara seorang petani dengan pembelinya. Adapun anak-anak yang berkunjung ke wisata ini akan diajari tentang bagaimana caranya menanam berbagai macam sayuran, misalnya seperti buncis, cabai, kacang-kacangan, paprika, ataupun mengolah teh. Setelah selesai Ngabekong, Anda juga dapat memboyong oleh-oleh hasil panen, media tanaman, benih, tanah, ataupun pupuk organik yang dapat Anda bawa pulang ke rumah